Si Unyu Bernama Jerawat


Bentol merah di muka, kadang warnanya putih, biasanya sekitar kulit ikutan sakit. Dipencet, boleh. Tapi jangan histeris kalo beberapa hari kemudian muka jadi kayak berkawah gitu.
Opo maneh lek guduk JERAWAT? Nama kerennya, acne.

Pernah punya jerawat? Jerawat biasanya menghampiri ababil-ababil yang udah baligh *opo*. I mean, biasanya jerawat gemar berkunjung ke wajah-wajah anak remaja atau orang dewasa. Jerawat tidak mau datang ke wajah anak kecil karena mereka masih belum cukup umur , jerawat juga tidak pernah datang ke wajah manula karena umur mereka terlalu cukup (?)
Berikut ini, dengan baik hati dan tulus ikhlas ane membagi tips mencegah jerawat singgah ke muka.
è Sering-sering berwudhu, atau membasuh muka. Debu atau kotoran yang suka nempel di muka bakal terbilas oleh air.
è Pake facial foam yang sesuai sama jenis kulit (berminyak, kering, atau sedang) ketika membasuh muka. Usahakan jangan terlalu sering pake facial foam. Sehari 2x cukup. Disarankan juga untuk tidak bergonta-ganti kosmetik yang digunakan.
è Minum air putih yang banyak. Air putih nggak hanya menyegarkan kerongkongan dan menyehatkan ginjal, tapi juga menyegarkan kulit. Kulit bisa tetap lembap dan nggak kering.
è Mengimbangi konsumsi daging dengan sayuran dan buah yang banyak serat dan vitamin.
è Tidur yang cukup, jangan membiasakan diri untuk begadang, Kulit juga butuh istirahat tau!
è Sebelum tidur, basuh muka, atau bersihkan dulu dengan lotion dan toner. Supaya bekas make up, debu yang menempel seharian, bisa jauh-jauh dari muka.
O ya, ini ada lagi secuil info yang berkenaan dengan jerawat.
-          Gel pada tanaman lidah buaya bisa kita manfaatkan sebagai pengusir jerawat. Cukup dioleskan ke daerah yang sering berjerawat, atau mengonsumsi jus dari gel lidah buaya.
-          Buah Lemon yang kaya vitamin C, kalo diperas dan dioleskan airnya ke muka yang berjerawat bisa turut menghilangkan jerawat. Jus lemon juga baik banget dikonsumsi, untuk kesehatan kulit dan tubuh juga tentunya.
-          Yang bau-nya amis dan sering jadi bahan dasar kue, telur, bisa kita gunakan juga guys. Pisahkan putih telur dan kuning telur, lalu putih telur dikocok sebentar, rendam tisu di dalamnya lalu tempelkan tisu ke bagian yang berjerawat. Gak pake tisu gak papa sih, langsung aja kasih cairan putih telurnya. Tunggu setengah jam, terus bilas dengan air.
-          Tumbuk bawang putih, lalu usapkan ke bagian yang berjerawat. Diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih. Bau sih, tapi yaaa butuh pengorbanan-lah kalo pengen jerawat hilang ;)

Menggunakan bahan-bahan natural emang nggak instan, butuh proses. Butuh waktu dan usaha. Telaten dan sabar kuncinya. Pokoknya rutin, insya Allah bakal keliatan hasilnya. Alami, aman, bebas side effect, murah dan gampang ditemukan lagi.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa menimbulkan jerawat. Boleh-boleh aja dikonsumsi, tapi jangan terlalu sering,

Makanan Tinggi Karbohidrat
Omega-6 asam lemak
Makanan Tinggi Gula
Makanan Gorengan
Beras putih
Bacon
Permen
Kentang goreng
Roti putih
Daging babi
Biskuit
Ayam goreng
Pasta
Hamburger, cheeseburger
Cokelat
Chinese food (fastfood)
Mie
Gajih
Karamel
Martabak
-           

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer