D'Journ's Day Out

Assalamu’alaykum Ya Ayyuhal Mu’minin...

Hadzal yaum, uridu an uqhasisha qishatii ma’a shahibi fil jurnalistik. Halah-halah. Jum’at, 2 Mei 2014, saya ucapkan Selamat Hari Guru kepada semua pahlawan penyebar ilmu di Indonesia.

Terpujilah wahai engkau ibu-bapak Guru.
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku.
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku.
Sebagai prasasti terima kasihku, ‘tuk pengabdianmu.
Engkau sebagai pelita dalam kegelapan.
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan.
Engkau patriot pahlawan bangsa, tanpa tanda jasa.

Tadi apel peringatan hari pendidikan, saya sebagai pembina upacara petugas kesehatan. Pas anggota padsu nyanyi lagu itu saya kebawa flashback pas TK, dipilih jadi dirigen buat paduan suara, lagunya sama. Masih kecil, Zehra masih bayi. Dosa saya nggak senumpuk sekarang. L

Saya cuma ikut pelajaran sampe zhuhur cause ada studi banding jurnalistik ke MTD (Malang Tempo Doeloe) di Alun-alun Malang dan Malang Post (Jawa Pos Group). Dari MAKBI ada Alvina, Iil, Iyyay, Shofi, Dea dan saya. Fadhilah as ketua pelaksana dan saya ditunjuk sebagai bendahara, wew, baru sekali ini jadi bendahara di SMA dan itu ribet banget ngurusin duit. Gak bakat jadi keuangan nih. Makanya tiap kepanitiaan berlangsung saya berdo’a banget supaya gak jadi inti.

Kami ber-dua puluh delapan kurang lebih sama Bu Mia sebagai pembina berangkat naik angkot jam setengah satu. Sampai di sana, kita dibagi kelompok untuk hunting berita. Saya kelompok terakhir, bareng Hiba, Iyyay, Fifah dan Sabita. Kita keliling alun-alun berburu penduduk sipil untuk diwawancarai. Pertama nemu bule tinggi ganteng. Malu gak malu dengan bahasa Inggris pas-pasan binti ngepres kita interview dia. Ternyata dia orang Amerika, namanya Hayden. Hayden ini bingung pas kita tanya tentang MTD. Dia bilang dia gak bisa bahasa Indonesia, jadi gak begitu paham sama acara ini. Saya sempat kasih tau Hayden kalau ini acara konsepnya ya Malang zaman dulu, dia malah nunjuk kolam karet isinya mainan anak-anak dan bilang, “I think it’s not traditional,” buset saya gak tau mau jawab apa. Cuma bisa ketawa garing - -v Hayden cuma punya 5 menit dan kayaknya dia buru-buru. Gak sempet foto bareng, tapi dia sempet bilang dia dateng dari Amerika ke Jakarta, trus Jogja, next Gunung Bromo di Probolinggo, Malang sini, then terakhir Bali. Gila nih bule kaya amat dah. Ya udah kalimat terakhir dari mulut saya buat Hayden adalah, “Have a nice trip, Hayden...”

Narasumber ke-dua, Ibu Sutik, 61, dari Sumbersari, penjual jamu pinang yang ramah. Beliau bilang bisa nostalgia juga dengan diadakannya MTD. Pelanggannya banyak dari Malang dan luar kota. Wawancara ditutup dengan do’a dari kami, semoga dagangannya laris ya Bu Sutik J

Narasumber ke-tiga mbak-mbak dari SMK mana gitu. Skip ya gak hapal, banyak yang diinterview. Narasumber ke-empat Mas Agung, 27, single, penjual gulali. Sambil beli, kepoin masnya. Narasumber ke-lima pak polisi yang belum bisa dibilang Pak. Cocoknya Mas Nindi. Bingung juga saya ternyata ada laki-laki bernama perempuan. Pak Nindi ini baik, ramah mau jawab pertanyaan kita yang masih SMA. Tapi temen-temennya itu loh norak. Masa pas kita foto bareng dicie-ciein. Mending kalo foto bareng N *eaaa*, lah ini udah tua!

Narasumber ke-lima pak kusir, namanya Pak Kadir yang mengeluh kalo MTD yang bertempat di alun-alun ini justru bikin susah kudanya parkir. Pengunjung pun jarang yang milih naik delman. Biasanya ada sekitar 30x puteran lah ini cuma 3x. Sabar ya Pak Kadir, kalo rezeki gak kemana kok. Narasumber ke-enam kumpulan mbak-mbak sok gaul dari luar kota. Mereka juga gak paham ini MTD mananya yang kuno, paling cuma poster beberapa spot tempat. Kurang kuno.

Dirasa cukup, kita ngumpul di masjid. Sholat ashar di Masjid Jami’. Aulia Si CO-Pimred bawa minuman KFC yang enak pas saya cicipin. Saya dan Iyyay tertarik beli. Kita kemudian berangkat ke angkot yang nunggu di deket Gereja, bersiap ke Malang Post. Baru sadar Si Fia ketinggalan. Sambil nunggu Fia, saya dan Iyyay masuk ke KFC dan buru-buru antre pesan minuman. Geez, KFC rame. Lama. Fine kami gak jadi beli. Keluar KFC rombongan udah hilang. Kita berdua nyari di deket gereja udah gak ada. Balik ke alun-alun, masjid, gak ada juga. Wah bingung. Mampus kita ketinggalan. Gak bawa HP lagi. Finally kita inisiatif nanya penjual cilok rute angkot ke Malang Post yang notabene deket Stasiun Malang. Setelah tau kami ngangkot dari Ramayana. Turun di Jalan Pajajaran, jalan sebentar dan voila. Sampailah kami berdua di Malang Post.

Dan semua anak udah ngumpul di Ruang Redaksi. Malu-malu kami masuk. Saya duduk di samping Bu Mia yang langsung cemas. “Ya Allah, kok bisa kari?” saya jelaskan dengan watadosnya kalo kami beli minum dulu. Untung ada inisiatif nyusul. Kita dengerin wejangan Pak Ketua Redaksi yang gak saya ikutin dari awal. Kemudian kita diajak ke ruang wartawan. Ngelihat cara mereka kerja, nulis berita, lay-out, edit foto, wah saya jadi paham gimana cara kerja Malang Post yang ternyata grup Jawa Pos itu. Saya kira bukan Jawa Pos. Pantes banyak sketsa Dahlan Iskan di dinding ruang kerja. Beliau kan sempat jadi chairmannya Jawa Pos.

Last, kita foto bareng dengan latar Malang Post. Trus setelah ngurus bayaran angkot, kita balik ke kampus tercinta, MAN 3 Malang. Diguyur gerimis. Pulang, saya dan Shofi langsung beli soda di PSBB. Hujan deras, saya mandi dan keramas deh. Ngebuang capek dan pusing. Habis ini mau langsung muhadhoroh dan ‘luckily’ saya dinobatkan jadi MC sama Marisa. Habis muhadhoroh ada rapat ASCAM juga with me as bagian dekdok. Saya harus minum Krating Daeng segentong.


Di kamar, Iil cerita kalo anak-anak Jurnalistik sempet gak sadar kami berdua gak ada. Angkot kerasa longgar, tapi Iqbal Si Ketua Jurnalistik bilangnya udah komplit semua. Then mereka cus ke Malang Post. Di sana Alvina baru sadar gak lihat Iyyay. Gak lihat saya juga. Pak Mishad dan Bu Mia pembina kami juga ikutan bingung.. Kenapa gak pamit. Nadhif ikutan bingung. Maaf rek yaaa maaf pol. Maafin saya dan Iyyay yang ngilang. Tapi saya alhamdulillah kok dapet pengalaman berharga. Untung nyasarnya di Malang, gak di kota lain. Bayangin aja kalo di kota lain, pas study tour di Jogja misalnya. Puah nangis kejer kali.

Segitu ceritaku. Btw tadi siang dikasih roti sama Rafi, thanks pol ye Raf. Btw lagi hari ini saya gak makan makanan ma’had sama sekali lho. Pagi tadi saya beli roti pisang cokelat sama roti keju buat sarapan. Siang saya makan mie pangsit. Di MTD cuma jajan es puter. Trus di PSBB tadi beli soda. Gak sehat banget kan. Pantesan malem ini saya dirundung lapar to the star. Ada yang mau beliin saya nasi goreng plus telur dadar di Pak Bontang atao Pak Kumis? Nanti saya kasih hadiah deh. Kalo cewek akan saya jadikan pembantu, kalo cowok akan saya jadikan sopir Land Rover saya. Gimana? Keren kan?

Terakhir, maaf ya no picture. Saya gak ada kamera di ma'had. Semua foto numpang. Tab gak diizinkan diambil. Terima saja nasibmu hai anak ma'had, this is your fate.

Wassalam.

Komentar

Postingan Populer